Health

Obat Batuk Dijadikan Pil Koplo, Pabrik Obat dan BPOM Masih Tenang Saja

1.99K

HealthNews.id – Hanya dengan Rp 24 ribu anak muda di beberapa kota di timur Indonesia menjadi mabuk.

Uang tersebut bisa membeli satu dus kecil obat batuk cair yang mereka salah gunakan pemakainya. SATU dus itu ada 30 sachet. Mereka hanya butuh 25 sachet untuk dapat merasakan kenikmatannya.

Anak baru gede (ABG) itu terus menambah dosis, untuk terasa span. Seperti melayang-layang. Hanya dari mengonsumsi obat batuk, cair sachet.

Obat medis belakangan marak disalahgunakan menjadi narkotika. Tak hanya pil paracetamol, cafein, dan carisoprodol (PCC), namun baru-baru ini, sebuah obat batuk digunakan sejumlah anak-anak untuk mendapat efek memabukkan.

Ketika dikonfirmasi ke Deputi Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Diah Setia Utami, ibu ini tak membantah.

Banyak anak-anak di luar kota besar yang menyalahgunakan obat batuk tersebut sebagai narkotika. Kebanyakan mereka yang tinggal di wilayah timur Indonesia, seperti di Makassar dan Manado.

Menanggapi itu, BNN mengaku telah berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Hanya saja, belum ada keputusan karena kasus ini hanya ditemui di beberapa wilayah.

Menurut catatan HealthNews, obat yang membuat pusing itu mengandung Diphenhydramin, bila tak dalam dosis tepat bisa mengakibatkan halusinasi.

Obat ini, jika dikonsumsi dalam dosis tinggi, memicu yang disebut sindrom antikolinergik, yang dapat mempercepat detak jatung, dan dapat mengakibatkan kejang-kejang.

Dalam takaran berlebih, bisa mengakibatkan halusinasi, paranoia dan pusing. Dosis tinggi obat ini memicu produksi hormon Dopamin dan memblokir reseptor yang disebut NMDA. Penyumbatan ini dapat mengakibatkan skizofrenia.

—-

  1. A…

Merupakan salah satu nama obat yang bisa bikin mabuk walaupun sebenarnya biasa digunakan untuk meringankan gejala-gejala flu seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, sakit kepala, dan demam. Obat ini bisa dikatakan cukup berbahaya karena obat ini bisa digunakan sebagai pengganti putaw dan shabu jika jatuh ke tangan pecandu narkoba.

Obat ini mengandung bahan-bahan aktif seperti Paracetamol 500 mg, Dextromethorphan HBr 15 mg, Chlorpheniramine Maleate 1 mg, dan Phenylpropanolamine HCl 15 mg. Obat ini bisa dibeli di apotik dengan harga Rp 1.515,00.

Obat ini digunakan untuk mengatasi berbagai gejala flu, penggunaannya yang benar ialah minum satu kapsul tiga hingga empat kali dalam sehari.

  1. D ….

Merupakan salah satu obat yang digunakan untuk meredakan batuk kering yang disertai dengan flu. Obat ini mengandung senyawa aktif seperti Dextromethorphan yang mampu mendorong otak untuk batuk sehingga dahak bisa keluar dari tubuh.

Sebagai obat batuk, minum obat ini sebanyak tiga hingga lima kali dalam sehari. Namun mengingat efek sampingnya, obat ini sebaiknya tidak diminum apalagi tanpa pengawasan dari dokter.

Apa jadinya jika dikonsumsi berlebihan? obat ini dapat memberikan efek samping memabukkan.

  1. R …

Merupakan salah satu obat yang digunakan untuk menyembuhkan batuk kering. Anda perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi obat ini karena juga bisa memberi efek memabukkan.

Obat ini mengandung bahan-bahan aktif seperti Dextromethorphan HBr 15 mg, Ammonium Klorida 90 mg, dan Dekspantenol 50 mg.

Obat ini bisa dibeli di apotik dengan harga Rp 5.090,00. Untuk hasil yang maksimal, pada penggunaan yang seharusnya ialah konsumsi obat ini sebanyak tiga hingga empat kali sehari sebanyak satu sampai dua tablet.

  1. K … 

Obat ampuh ini biasa digunakan untuk meredakan batuk dan pilek. Mengandung Dextrometorfan HBr 14 mg, Klorfeniramini Maleat 1,4 mg, Fenilpropanolamin HCl 12,5 mg, dan Ammonium Klorida 87,5 mg.

Obat ini memang tergolong ampuh untuk mengatasi batuk dan pilek. Namun, penggunaan yang tidak sesuai dengan aturan akan berefek memabukkan. Lebih baik Anda menggunakan resep dokter jika ingin mengkonsumsi obat ini.

Obat ini pernah ditarik dari pasaran karena seringkali disalahgunakan. Bahkan obat ini terkenal dengan sebutan “obat komix bikin mabuk” dikalangan para penyalahgunaan obat.

  1. B …

Merupakan salah satu obat batuk yang memiliki efek samping memabukkan kalau digunakan tidak sesuai dengan aturan. Sama seperti beberapa obat diataas, Obat yang mengandung Dextrometorfan HBr ini seringkali digunakan sebagai obat yang bikin mabuk dengan mengkonsumsinya secara berlebihan.

Obat sirup ini bisa dibeli dengan harga Rp 26.000,00. Penggunaan obat ini secara benar ialah dengan Minum tiga kali sehari untuk menyembuhkan batuk dengan segera.

  1. V ….

Obat batuk ampuh yang mengandung Dextromethorphan HBr 5 mg dan Doksilamin Suksinat 3 mg ini juga memiliki efek samping memabukkan jika digunakan secara berlebih.

 

DEXTRO atau Dextrometorphan (DMP)

Ini adalah obat batuk “over the counter” (OTC) yang disetujui penggunaannya pertama kali pada tahun 1958.

OTC artinya dapat dibeli secara bebas, tanpa resep. Sebagai obat batuk, DEXTRO biasa dikombinasikan dengan obat lain seperti parasetamol (antinyeri antidemam), CTM (antihistamin), psuedoefedrin/fenilpropanolamin (dekongestan), atau guafenesin (eskpektoran).

DEXTRO bekerja secara sentral, yaitu pada pusat batuk di otak. Caranya dengan menaikkan ambang batas rangsang batuk.

Manfaat utama DMP adalah menekan batuk akibat iritasi tenggorokan dan saluran napas bronkhial, terutama pada kasus batuk pilek. Untuk mengusir batuk, dosis yang dianjurkan adalah 15 mg sampai 30 mg yang diminum 3 kali sehari. Dengan dosis sebesar ini, DMP relatif aman dan efek samping jarang terjadi.

Sebagai obat OTC atau obatyang dijual bebas, DEXTRO sering disalahfungsikan sebagai pil koplo.

Pil koplo adalah salah satu jenis psikotropika, menurut UU No.5 tahun 1997 psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.

Pil koplo adalah golongan obat2 anti cemas, dan golongan antiinsomnia, yang disalahgunakan. Dalam jumlah kecil obat ini dapat digunakan untuk menghilangkan ketegangan, dan kecemasan.

Jika diperbesar dapat mengakibatkan si pemakai dapat tertidur nyenyak dan jika dinaikkan lagi dapat menimbulkan koma, dan kematian. Pil ini mampu membuat seseorang menjadi labil, mudah marah, daya ingat menurun, bicara kaku, dan jalan sempoyongan.

baca juga: majalah MATRA cetak (print), klik ini

Tinggalkan Balasan

Translate »
Lewat ke baris perkakas